Kamis, 09 Juni 2016

strategi pembelajaran


Tugas UTS Metodologi PAI
Dosen Pengampu: Fatchurrohman, M.Pd.
ANA BI’AUNIKA
111-13-048
Kelas A


Strategi 41:
Learning Starts With A Question (Belajar Memulai Dengan Sebuah Pertanyaan)
Proses mempelajari sesuatu yang baru adalah lebih efektif jika peserta didik tersebut aktif, mencari pola daripada menerima saja. Satu cara menciptakan pola belajar aktif ini adalah merangsang peserta didik untuk bertanya tentang mata pelajaran mereka, tanpa penjelasan dari pengajar lebih dahulu. Strategi sederhana ini merangsang siswa untuk bertanya kunci belajar.
PROSEDUR
1.      Distribusikan kepada peserta didik tentang sebuah hand-out materi pelajaran pilihan (anda boleh menggunakan satu halaman dari buku teks daripada satu hand-out). Kunci pemilihan materi adalah kebutuhan untuk merangsang pertanyaan bagi sebagian pembaca. Selebaran yang memberikan informasi luas tapi kurang detil atau penjelasan yang dibatasi sangatlah sesuai. Sebuah grafik atau diagram yang menarik dan menggambarkan beberapa disiplin ilmu merupakan pilihan yang baik. Teks yang terbuka untuk interpretasi juga pilihan yang baik. Dengan harapan untuk menimbulkan rasa ingin tahu.
2.      Suruhlah peserta didik mempelajari selebaran tersebut dengan seorang teman. Mintalah pasangan tersebut membuat pengertian hand-out sebanyak mungkin dan identifikasi apa yang tidak mereka mengerti. Dengan memberi tanda dokumen dengan pertanyaan-pertanyaan pada informasi yang tidak mereka mengerti, doronglah peserta didik memasukkan tanda tanya sebanyak mungkin yang mereka harapkan. Jika waktu mengizinkan, bentuklah pasangan kedalam kwartet dan berikan waktu kepada masing-masing untuk saling membantu. Seorang pengajar fisika, misalnya membagikan diagram yang menggambarkan bagaimana energi potensial berubah menjadi kinetik dengan menampilkan seorang penyelam sirkus yang melompat dari ketinggian 50 kaki. Para peserta didik bekerja sama dengan seorang partner untuk memberi tinjauan dan menentukan pertanyaan. (conntoh: kettika energi potensial berubah menjadi energi kinetik. Apa perbedaan mendasar antara energi kinetik dengan energi potensial?)
3.      Berkumpul lagi di kelas, dan jawab pertanyaan peserta didik dengantangkas. Anda mengajar dengan jawaban anda terhadap pertanyaan peserta daripada melalui sebuah “preset lesson” atau jika anda ingin, dengarlah seluruh pertanyaan dan kemudian ajarkan sebuah “persed lesson”, buatlah usaha khusus untuk merespon pertanyaan yang diajukan peserta.
VARIASI
1.      Jika anda rasa bahwa peserta didik. Anda tidak ingin mencoba mamahami seluruh materi mereka sendiri, berikan informasi yang mengorientasikan mereka atau beri mereka pengetahuan dasar yang mereka butuhkan agar dapat menjawab pertanyaan mereka sendiri. Kemudian didahului dengan beberapa kelompok belajar.
2.      Mulailah prosedur dengan belajar sendiri daripada belajar dengan teman
Strategi 42:
Planted Question (Pertanyaan Rekayasa)
Teknik ini memungkinkan anda untuk memberikan informasi sebagai jawaban atas pertanyaan yang pernah diberikan kepada peserta didik yang dipilih. Meskipun anda sebenarnya memberikan pelajaran yang telah disiapkan denagn baik, hal ini memberikan kesan bagi peserta didik lain bahwa anda hanya mengerjakan satu sesi tanya jawab.
PROSEDUR
1.      Pilihlah beberapa pertanyaan yang akan memadu pelajaran anda. Tulislah tiga sampai enam pertanyaan dan susunlah secara logis
2.      Tulis masing-masing pertanyaan pada kartu indeks, dan tulis isyarat yang akan anda gunakan untuk mengisyaratkan anda bahwa pertanyaan disampaikan. Isyarat-isyarat yang bisa digunakan termasuk:
a.       Penggarukan hidung anda
b.      Meletakkan kaca mata anda
c.       Gerakan jari anda
d.      Menguap
Kartu tersebut bisa bebentuk seperti ini:
JANGAN TUNJUKKAN KARTU INI KEPADA SIAPAPUN
Saat istirahat kita selesai, saya melanjutkan diskusi tentang “apa kecerdasan merupakan warisan?” kemudian bertanyalah jika memang ada pertanyaan. Pada saat saya menggaruk hidung saya, angkat tangan anda dan tanyakan pertanyaan berikut:
Adakah kecerdasan yang lebih dari satu jenis?
Jangan membaca pertanyaan tersebut terlalu keras. Hafalkan dan ucapkan dalam bahasa anda sendiri.

3.      Sebelum dimulai, pilihlah pesrta didik yang kana bertanya. Berilah masing-masing sebuah kartu, dan jelaskan isyaratnya. Yakinlah mereka tidak membeberkan kepada peserta lain bahwa mereka dipersiapkan sebagai penanya.
4.      Bukalah sesi tanya-jawab dengan menjelaskan topik dan berikan isyarat pertama anda. Panggillah penanya pertama dan jawab, lanjutkan dengan isyarat dan pertanyaan lain.
5.      Sekarang, lontarkan pertanyaan baru kepada peserta. Anda harus melihat beberapa pesreta didik yang mengangkat tangan.
VARIASI
1.      Jawab harus telah dicantumkan pada beberapa flip chart, diatas tranparansi, atau selebaran yang anda tunjukkan masing-masing telah dijawab. Beri jawaban pada setiap pertanyaan.
2.      Berikan pertanyaan yang telah disiapkan kepada seluruh peserta didik yang tidak tertarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARUNIA ITU BERNAMA AKAL YANG KREATIF

A.     PENDAHULUAN Pola berfikir manusia bermacam-macam. Ada yang biasa berfikir kreatif dan konstruktif, dan ada ju...