Tugas UTS
Metodologi PAI
Dosen
Pengampu: Fatchurrohman, M.Pd.
|
ANA BI’AUNIKA
111-13-048
Kelas A
|
Strategi 41:
Learning Starts With A Question (Belajar Memulai Dengan Sebuah
Pertanyaan)
Proses mempelajari sesuatu yang baru adalah lebih efektif jika
peserta didik tersebut aktif, mencari pola daripada menerima saja. Satu cara
menciptakan pola belajar aktif ini adalah merangsang peserta didik untuk
bertanya tentang mata pelajaran mereka, tanpa penjelasan dari pengajar lebih
dahulu. Strategi sederhana ini merangsang siswa untuk bertanya kunci belajar.
PROSEDUR
1.
Distribusikan
kepada peserta didik tentang sebuah hand-out materi pelajaran pilihan
(anda boleh menggunakan satu halaman dari buku teks daripada satu hand-out).
Kunci pemilihan materi adalah kebutuhan untuk merangsang pertanyaan bagi
sebagian pembaca. Selebaran yang memberikan informasi luas tapi kurang detil
atau penjelasan yang dibatasi sangatlah sesuai. Sebuah grafik atau diagram yang
menarik dan menggambarkan beberapa disiplin ilmu merupakan pilihan yang baik.
Teks yang terbuka untuk interpretasi juga pilihan yang baik. Dengan harapan
untuk menimbulkan rasa ingin tahu.
2.
Suruhlah
peserta didik mempelajari selebaran tersebut dengan seorang teman. Mintalah
pasangan tersebut membuat pengertian hand-out sebanyak mungkin dan
identifikasi apa yang tidak mereka mengerti. Dengan memberi tanda dokumen
dengan pertanyaan-pertanyaan pada informasi yang tidak mereka mengerti,
doronglah peserta didik memasukkan tanda tanya sebanyak mungkin yang mereka
harapkan. Jika waktu mengizinkan, bentuklah pasangan kedalam kwartet dan
berikan waktu kepada masing-masing untuk saling membantu. Seorang pengajar
fisika, misalnya membagikan diagram yang menggambarkan bagaimana energi
potensial berubah menjadi kinetik dengan menampilkan seorang penyelam sirkus
yang melompat dari ketinggian 50 kaki. Para peserta didik bekerja sama dengan
seorang partner untuk memberi tinjauan dan menentukan pertanyaan. (conntoh:
kettika energi potensial berubah menjadi energi kinetik. Apa perbedaan mendasar
antara energi kinetik dengan energi potensial?)
3.
Berkumpul
lagi di kelas, dan jawab pertanyaan peserta didik dengantangkas. Anda mengajar
dengan jawaban anda terhadap pertanyaan peserta daripada melalui sebuah “preset
lesson” atau jika anda ingin, dengarlah seluruh pertanyaan dan kemudian ajarkan
sebuah “persed lesson”, buatlah usaha khusus untuk merespon pertanyaan yang
diajukan peserta.
VARIASI
1.
Jika
anda rasa bahwa peserta didik. Anda tidak ingin mencoba mamahami seluruh materi
mereka sendiri, berikan informasi yang mengorientasikan mereka atau beri mereka
pengetahuan dasar yang mereka butuhkan agar dapat menjawab pertanyaan mereka
sendiri. Kemudian didahului dengan beberapa kelompok belajar.
2.
Mulailah
prosedur dengan belajar sendiri daripada belajar dengan teman
Strategi 42:
Planted Question (Pertanyaan Rekayasa)
Teknik ini memungkinkan anda untuk memberikan informasi sebagai
jawaban atas pertanyaan yang pernah diberikan kepada peserta didik yang
dipilih. Meskipun anda sebenarnya memberikan pelajaran yang telah disiapkan
denagn baik, hal ini memberikan kesan bagi peserta didik lain bahwa anda hanya
mengerjakan satu sesi tanya jawab.
PROSEDUR
1.
Pilihlah
beberapa pertanyaan yang akan memadu pelajaran anda. Tulislah tiga sampai enam
pertanyaan dan susunlah secara logis
2.
Tulis
masing-masing pertanyaan pada kartu indeks, dan tulis isyarat yang akan anda
gunakan untuk mengisyaratkan anda bahwa pertanyaan disampaikan. Isyarat-isyarat
yang bisa digunakan termasuk:
a.
Penggarukan
hidung anda
b.
Meletakkan
kaca mata anda
c.
Gerakan
jari anda
d.
Menguap
Kartu tersebut bisa bebentuk seperti ini:
JANGAN
TUNJUKKAN KARTU INI KEPADA SIAPAPUN
Saat
istirahat kita selesai, saya melanjutkan diskusi tentang “apa kecerdasan
merupakan warisan?” kemudian bertanyalah jika memang ada pertanyaan. Pada
saat saya menggaruk hidung saya, angkat tangan anda dan tanyakan pertanyaan
berikut:
Adakah
kecerdasan yang lebih dari satu jenis?
Jangan
membaca pertanyaan tersebut terlalu keras. Hafalkan dan ucapkan dalam bahasa
anda sendiri.
|
3.
Sebelum
dimulai, pilihlah pesrta didik yang kana bertanya. Berilah masing-masing sebuah
kartu, dan jelaskan isyaratnya. Yakinlah mereka tidak membeberkan kepada
peserta lain bahwa mereka dipersiapkan sebagai penanya.
4.
Bukalah
sesi tanya-jawab dengan menjelaskan topik dan berikan isyarat pertama anda.
Panggillah penanya pertama dan jawab, lanjutkan dengan isyarat dan pertanyaan
lain.
5.
Sekarang,
lontarkan pertanyaan baru kepada peserta. Anda harus melihat beberapa pesreta
didik yang mengangkat tangan.
VARIASI
1.
Jawab
harus telah dicantumkan pada beberapa flip chart, diatas tranparansi,
atau selebaran yang anda tunjukkan masing-masing telah dijawab. Beri jawaban
pada setiap pertanyaan.
2.
Berikan
pertanyaan yang telah disiapkan kepada seluruh peserta didik yang tidak
tertarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar